Hypnotic Copywriting: Teknik Menulis Sales Penjualan

Teknik menulis sales penjualan yang benar untuk kepentingan penjualan produk bisnis anda.

Sebelumnya, kita membahas Hypnotic Copywriting terlebih dahulu. Hypnotic copywriting sering dihubungkan pada dunia internet marketing.

Memang bentuknya tulisan biasa apa yang disebut Hypnotic copywriting. Tetapi ada “manipulasi” dengan teknik-teknik penulisan tertentu. Pada akhirnya copywriting tersebut memiliki kekuatan yang cukup mempengaruhi kejiwaan seseorang.

Teknik copywriting seperti itu merupakan alat pendukung marketing. Namun teknik hypnotic copywriting juga terus mengalami inovasi. Ditambah perkembangan internet marketing turut mendorong dilakukannya inovasi.

Apa alasan mampu memunculkan kekuatan yang menghipnotis dari copywriting? Ini karena bersumber pada manipulasi tentang penulisan (bukan dalam artian membohongi publik), yang tersusun menjadi sebuah kalimat yang menghipnotis.

Hypnotic copywriting memiliki karakteristik provocating. Dimana efek tulisan menstimulasi pembacanya untuk melakukan suatu aksi tertentu, sesuai yang diharapkan oleh penulisnya.

Di bawah ini adalah trik penulisan yang diimplementasikan dalam sebuah hypnotic copywriting:
  • Pengulangan kata atau kalimat
  • Dorongan untuk melakukan sesuatu
  • Penekanan pada objek tertentu dalam tulisan
Dalam hampir semua hypnotic copywriting, dapat dipastikan ada pengulangan kata atau kalimat.

Perhatikan penulisan pada contoh iklan sebuah copywriting berikut ini:

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!! (PENGULANGAN SATU KALI)


KAPAN LAGI KITA DAPAT MENYAKSIKAN LIVE PERFORMANCE
MEGA BINTANG MICHAEL JACKSON!!!


INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!!


HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!! (PENGULANGAN DUA KALI)


TANGGAL 8 FEBRUARI 2010


DI PLENNARY HALL JAKARTA


MULAI PUKUL 21.00 – 24.00 WIB


TICKET MURAH, HANYA RP. 2.000.000,-


APA ARTINYA NILAI RP. 2.000.000,- KALAU DIBANDINGKAN DENGAN KESEMPATAN LANGKA INI


100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%!!!


INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!!


HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!! (PENGULANGAN DUA KALI)

Perhatikan kalimat “HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!!” dan INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!! , yang dituliskan secara berulang-ulang.

Apa pengaruh pada pembaca? Alam bawah sadar pembaca terus-menerus mendapat kata-kata yang diulang. Sehingga akan membangkitkan semangat perasaan seseorang.

Sekali lagi contoh:

SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!!

KAPAN LAGI KITA DAPAT MENYAKSIKAN LIVE PERFORMANCE

MEGA BINTANG MICHAEL JACKSON!!!

TANGGAL 8 FEBRUARI 2010

DI PLENNARY HALL JAKARTA

MULAI PUKUL 21.00 – 24.00 WIB

TICKET MURAH, HANYA Rp. 2.000.000,-

APA ARTINYA NILAI Rp. 2.000.000,- KALAU DIBANDINGKAN DENGAN KESEMPATAN LANGKA INI

100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%!!!

Apa pengaruh kepada pembaca? Terlihat tidak begitu menggugah hati seseorang padahal itu adalah konser yang langka.

Alam bawah sadar hanya sekali mendengar kata-kata penting yang harus diingat. Bisa saja terhipnotis, tetapi unsur hipnotis adalah adanya pengulangan-pengulangan kata agar jiwa pembaca benar-benar mampu menerima.

Pengulangan kata di sini perguna untuk menimbulkan REAKSI. Bila sudah bereaksi, tinggal membuat kalimat untuk AKSI.

Kalimat “100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%” adalah kalimat AKSI. Artinya, menyuruh pembaca untuk AKSI.

Kalimat dalam iklan copywriting tersebut ditujukan agar calon pembeli ticket berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama, agar mendapatkan potongan harga.

Selain itu, contoh iklan copywriting di atas, memiliki penekanan pada objek tertentu yang memiliki selling point.

Kalimat yang diawali dengan kata “INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!!” selain diulang, memiliki penekanan kepada nama Michael Jackson. Salah satu nama objek yang memiliki selling point termahal di dunia.

Menulis hypnotic copywriting untuk dunia marketing, memang memerlukan keahlian khusus. Selain memang harus memiliki latar belakang seni penulisan, seorang penulis hypnotic copywriting juga harus memahami berbagai referensi mengenai dunia marketing.

Oleh karena itu, biasanya seorang penulis hypnotic writing yang telah professional, memiliki tarif yang cukup tinggi dalam menjual jasanya. Tidak sembarangan perusahaan yang dapat menggunakan jasa hypnotic copywriter professional.

Namun demikian, untuk para internet marketer yang memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya untuk terus berlatih menciptakan sebuah hypnotic copywriting. Memang tidak mungkin menyamai hasil karya copywriter profesional.




Didukung oleh: www.kayadaribisnisinternet.com

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!

1 Response to "Hypnotic Copywriting: Teknik Menulis Sales Penjualan"

PAK EKO DI MAJALENGKA mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN UANG GAIB terima kasih.